APRINDO: Pasar Ritel Tanah Air Masih Bergeliat

0
86

Industri ritel diyakini masih tetap bergeliat meski banyaknya persaingan antar gerai maupun dengan toko online. Hal itu ditegaskan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Roy N. Mandey saat menyambut peresmian toko ke-100 MR.DIY, perusahaan ritel perkakas dan kebutuhan rumah tangga di Pluit Village Mal, Jakarta Utara.

Dibukanya gerai MR.DIY diyakini Roy bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan industri retail di Tanah Air. Roy menyebut pasar ritel modern Indonesia masih menjanjikan dan terbuka lebar.

“Hal ini didukung dengan beberapa data dan fakta, di antaranya dengan jumlah penduduk sebanyak 260 juta orang namun penetrasi ritel modern masih rendah,” katanya.

Roy menambahkan, penetrasi ritel modern di Indonesia baru mencapai 21 persen. Angka ini jauh tertinggal dari negera tetangga seperti Filipina (28 persen) dan Malaysia (62 persen). Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pengeluaran konsumsi rumah tangga ada sebanyak 56 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) 2018.

Kunci bertahan, kata dia, peritel harus mampu inovatif. “Pebisnis ritel dengan konsep yang menarik, kreatif, dan inovatif tentunya sangat disambut oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Roy.

Dengan dibukanya toko ke-100 MR.DIY para konsumen diharapkan dapat menemukan berbagai produk berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga mereka. Di setiap toko MR.DIY kini terdapat 20 ribu jenis produk dengan 10 kategori yaitu perkakas, peralatan rumah tangga, peralatan listrik, aksesoris mobil, perabotan rumah, alat tulis dan olahraga, serta banyak lagi.

Dengan berbagai jenis produk tersebut, para anggota keluarga tidak hanya dapat menemukan jawaban atas segala kebutuhan mereka, namun juga mendapatkan inspirasi untuk terciptanya ide-ide unik yang dapat menghidupkan rumah mereka.

Presiden Direktur MR.DIY Indonesia D. Cyril Noerhadi mengatakan perjalanan MR.DIY di Indonesia diawali pada akhir tahun 2017 di Mega Bekasi Hypermall, Jawa Barat. Lalu terus berekspansi hingga toko ke-30 di AEON MALL BSD City dan selanjutnya toko ke-50 di Tunjungan Plaza, Surabaya. Serta pembukaan toko pertama di luar Jawa, yaitu di Medan dan Manado pada tahun 2019 ini.

“Masyarakat membutuhkan gerai yang lengkap dan menjadi destinasi belanja terlengkap bagi keluarga modern,” tutup Cyril.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here